TIPS MEMILIH NETBOOK YANG BAGUS (bagi si-miskin)



Salam netbook-ers. Saya mencoba mengangkat kembali tips memilih netbook yang bagus dan awet versi bagi anda yang memiliki dana yang tidak terlalu besar. Dan seperti pernyataan saya di blog evilteater, bahwa prediksi banyak pihak laptop ULV akan menggusur netbook tampaknya belum terwujud hingga quarter terakhir tahun ini.

kali ini tips memilih netbook akan coba difokuskan bagi kalangan yang memiliki budget/dana yang tidak besar.

BERIKUT TIPS MEMILIH NETBOOK (bagi anda ber-budget pas-pasan)


1. Jangan alergi dengan brand lokal dan China.
Yang perlu diperhatikan saat memilih netbook brand lokal adalah layanan yang diberikan dan ketersediaaan spare part. Ada baiknya sebelum membeli anda juga mencari referensi di internet tentang performa dan daya tahan hardware netbook yang ingin anda beli sesuai dengan Merk dan tipenya.

2. Pilih prosessor hemat energi.
Sesuai tema kali ini, prosessor hemat energi masih identik dengan Intel atom. Selain hemat energi, penghematan juga terjadi pada harga netbook. yang kabarnya netbook dengan prosessor intel atom lebih murah dari netbook dengan prosessor multimedia. Untuk masalah kecepatan prosessor jangan segan memilih kecepatan (frekuensi) prosessor yang rendah. Karena memang kita dengan uang terbatas memilih netbook karena faktor fungsional dan mobilitas bukan karena faktor multimedia atau gaming.

3. Wi-fi masih wajib dimiliki.
Sesuia dengan namanya, netbook dari kata "network" dan "book". Ini mewajibkan adanya konektifitas ke internet baik bagi netbook premium maupun netbook kelas standart. wifi adalah koneksi standart yang wajib dimiliki. Untuk masalah koneksi yang lain seperti built in modem 3G, infra-red atau bluetooth bukanlah hal yang wajib bagi anda yang mengutamakan harga. Kabar baiknya, modem atau bluetooth eksternal semakin terjangkau harganya. Dengan harga 20 ribuan kita bisa mendapatkan usb bluetooth dongel. Bandingkan selisih harga netbook non bluetooth dengan netbook yang memiliki bluetooth! selisihnya mencapai ratusan ribu rupiah. Nah.. hemat yang mana??

4. RAM pas-pasan bukan masalah.
Pilihlah netbook dengan memory RAM minimal 1Gb. Kapasitas ini sudah menjadi standart memory netbook pada umumnya. Memang  Microsoft Windows merekomendasikan RAM lebih dari 1Gb untuk operasi terbarunya (Windows 7). Namun kenyataannya netbook bermemori 1Gb, brand lokal sekalipun masih mampu menjalankan Windows 7 dengan normal.

5. Hard disk jangan terlalu besar.
Yang perlu diperhatikan adalah pengguna netbook banyak berasal dari kalangan Pelajar, yang masih jelas dengan layar kecil si-netbook dan memilih netbook yang murah. Selain berisikan tugas-tugas, hard disk netbook sering diisi dengan file musik dan video berukuran besar. Namun jangan khawatir, netbook kelas standart pun sekarang sudah dipersenjatai dengan hard drive minimal 160GB. Jadi.. untuk meminimalisir harga netbook, pilihlah hard disk dengan ukuran minimal. Dan jangan memilih hard disk bertipe SSD (Solid State Drive) karena jenis hard disk ini umumnya berkapasitas kecil tapi berharga selangit.

6. Program bundling juga tidak apa-apa.
Kalaupun tips diatas masih belum membuat anda puas, mungkin ada baiknya anda melirik program bundling (paket). Tidak seperti handphone bundling yang terkadang hanya bisa digunakan untuk sim card operator tertentu saja, netbook bundling bisa digunakan normal layaknya netbook pada umumnya.

7. Agak out-to date lebih murah.
Kurang murah? Jika mencari harga yang lebih murah lagi, cobalah mencari netbook yang diluncurkan tahun yang lalu. Harga netbook biasanya akan jatuh saat muncul tipe baru yang populer. Untuk menghindari netbook refurbish jangan membeli netbook yang diluncurkan lebih dari 2 tahun yang lalu.



Demikian tips dari saya, semoga tips ini membuat anda lebih cermat memilih netbook sesuai dengan kemampuan finansial anda.
Salam netbook-ers.



** Para blogger yang ingin meng-copy artikel 100% diijinkan, mohon mencantumkan link menuju blog ini.

Post a Comment

Backlink Lists | Free Backlinks Ping your blog, website, or RSS feed for Free

Copyright proHTML 2011

Back to TOP