Powered By Blogger
February 21, 2011


Berikut saya akan membahas tentang topik blog (tema) yang tidak cocok dengan program periklanan Google Adsense.
Sebagaimana kita ketahui, adsense merupakan salah satu cara seorang blogger mendapatkan uang dari blog. Namun, nyatanya tidak semua topik blog cocok dengan adsense..

Sekedar info, adsense adalah program periklanan milik google yang mengijinkan kita para blogger untuk menempatkan iklan pada halaman blog dengan jalan copy-paste kode adsense. Kita mendapatkan uang jika iklan tersebut diklik oleh pengunjung blog.
Situs google adsense: http://www.adsense.com

TOPIK BLOG YANG TIDAK COCOK UNTUK GOOGLE ADSENSE


1. Situs/blog dengan topik yang mengandung unsur p*rnografi, baik itu teks, gambar, maupun video.
Alasannya, selain karena melanggar aturan utama Google Adsense, unit iklan sering tidak muncul pada blog dengan topik diatas. Jika munculpun biasanya hanya iklan layanan masyarakat saja. Ini jelas sebuah kerugian bagi kita para blogger yang berharap lebih dari uang adsense. Dan lagi tidak ada pemasang iklan untuk kategori ini, karena google melarangnya.


2. Blog dengan topik satanisme
Yang dimaksud satanisme adalah blog dengan tema berbau mistik dan tahayul, beberapa webmaster berpendapat bahwa blog dengan topik satanisme tidak cocok dengan Adsense juga karena pemasang iklan dari kategori itu sedikit sekali, sehingga iklan yang muncul pada blog tidak punya kaitan dengan tema blog. Jadi kemungkinan untuk diklik oleh pengunjung blog juga sedikit.


3. Blog dengan topik Politik dan SARA
Mengacu pada larangan-larangan dari Google adsense, bahwa blog dengan topik tersebut tidak cocok dan tidak direkomendasikan. Tapi nyatanya ada beberapa iklan yang berbau politik untuk iklan adsense indonesia. Yah.. maklum lah.. politik dan kepentingan golongan sudah merata kesemua bagian.
Namun tidak ada salahnya membuat blog dengan topik seperti ini, karena saya melihat beberapa iklan adsense luar negeri pun banyak yang termasuk kategori ini.


4. Blog Catatan Pribadi / Blog komunitas
Ini termasuk kategori blog yang tidak baik untuk Adsense, namun bukan termasuk blog yang dilarang untuk Google Adsense.
Kenapa tidak cocok..? Alasan pertama adalah pengunjung blog "tidak sedang mencari". Artinya pengunjung blog tidak terburu-buru, atau tidak membutuhkan sesuatu segera. Jadi mereka dapat berpikir jernih untuk membedakan mana link asli atau mana link iklan adsense.
Kedua, blog dengan tipe ini cenderung mempunyai pengunjung tetap (anggota komunitas atau penggemar). Jadi mereka hafal tata letak iklan anda, kecuali anda merubah-ubah posisi unit iklan adsense sesering mungkin.


5. Blog dengan topik bisnis online
Blog seperti itu sebenarnya masuk dalam kategori situs "get-rich-quick". Google, Blogger, maupun Adsense melarangnya, namun nyatanya blog-blog seperti itu masih banyak kita jumpai karena google belum mendeteksi pelanggaran. Salah satunya minimnya laporan dan banyaknya trik-trik yang beragam untuk bisnis online. Sekedar info saja, jika blog dengan topik seperti ini terlalu tinggi penghasilan adsense-nya, maka yang paling dulu terkena imbas adalah rank (peringkat blog) sebelum Google penalti yang berujung pada pemblokiran.
Tapi, blog seperti ini malah cocok untuk iklan PPC lokal yang umumnya isi iklan juga tentang bisnis online.


6. Blog dengan tema seputar h*cking
Walau memang ada iklan adsense untuk kategori ini yang biasanya iklan tentang pemprograman, tapi blog dengan topik seperti ini tidak cocok untuk adsense karena umumnya pengunjung blog memiliki kecerdasan dalam hal komputer dan internet diatas rata-rata. Termasuk membedakan mana link iklan, dan mana link asli.
Tapi blog tipe ini bisa juga cocok untuk adsense, sebab selalu ada pengunjung baru yang "sedang mencari" sesuatu. Ini semua kembali bagaimana pemilik blog mengatur tampilannya.


7. Blog hobi
Blog tipe ini juga tidak cocok untuk adsense, karena topik cenderung masuk kedalam kategori Blog komunitas (no.4). Alasannya juga hampir sama dengan no.4, bahwa pengunjung blog tetap dan mereka tidak terburu-buru karena "tidak sedang mencari".



Demikianlah topik blog yang tidak cocok untuk Google Adsense, ada beberapa topik blog yang memang tidak cocok seperti no.1, dan no.2. Dan ada beberapa topik yang sebenarnya tergantung kita sebagai pemilik blog pandai-pandai mengatur tampilan blog agar blend dengan unit adsense.



Copyright 2011 proHTML
All right reserved

0 comment:

Post a Comment

 
Copyright © proHTML All Right Reserved
Blogger Designed by IVYthemes