Cara Membuat inbound link yang benar


tutorial cara membuat inbound link yang benar
cara buat inbound link
cara membuat inbound link yang benar
membuat inbound link di blog
Berikut adalah tutorial cara membuat inbound link yang benar menurut aturan SEO.

Pernahkah anda membaca artikel tentang optimasi blog/situs agar sering muncul di Google Search Engine yang salah satunya seperti ini:
1. Sering mengunjungi blog lain (blog walking).
2. Buat komentar pada blog orang lain.
3. Tinggalkan link kita diblog orang lain.
Dari tips diatas yang sering salah penerapannya adalah cara meninggalkan link.
Sebelum kita memulai tutorial membuat link dan optimasinya menjadi inbound link, ada baiknya kita mengenal apakah itu link, inbound link serta kesalahan yang sering kita lakukan.

link adalah hypertext dengan anchor berupa text, gambar, dan lainnya yang menghubungkan sebuah hypertext satu dengan yang lainnya. Bisa dari halaman ke halaman lain, situs ke situs lain, atau bagian halaman ke bagian halaman.

inbound link adalah sebuah hypertext dengan anchor di situs orang lain yang mengarah ke situs/blog kita. Dan salah satu parameter yang dipakai search engine dalam menentukan hasil indexing. Dalam dunia SEO (search engine optimazion) sekarang ini, banyak atribut-atribut yang menentukan valid-nya inbound link, seperti dofollow, dll. Selanjutnya inbound link lebih dikenal dengan istilah link masuk menuju blog/situs kita.


YANG PERLU DIPERHATIKAN DALAM PEMBUATAN INBOUNDLINK

1. pembuatan link telanjang
Yang saya maksud link telanjang adalah hypertext yang ditulis apa adanya (tanpa anchor), contohnya:

www.example.blogspot.com
http://www.example.blogspot.com
example.blogspot.com 


Dalam dunia SEO, contoh diatas disebut dengan teks, bukanlah sebuah link.
Dalam beberapa kasus, pembuatan link yang benar "<a href=......" berubah menjadi teks, sebab blogger yang sudah proffesional mencegah outbound link dengan menonaktifkan link anda.
Namun dalam beberapa situs link telanjang malah otomatis dirubah menjadi link.

2. Meninggalkan komentar berarti meninggalkan link?
Contohnya: "proHTML say: salam kenal, kunjungi blogku ya.."
Sebenarnya ini tidak 100% salah, sebab beberapa orang yang memang ingin berkunjung akan mengklik username (dalam contoh ini proHTML). Dan beberapa tipe open ID (akun untuk berkomentar pada blog) memang menyediakan informasi tentang username anda, termasuk link menuju blog anda.
Namun ini juga tidak 100% benar, sebab anchor text = nama akun anda / title blog anda. Dan ini tidak diminati Google.

3. Beda platform beda syntax.
platform tidak hanya html dengan tag "< >" namun juga populer platform phBB dengan "[ ]" dan masih banyak pula platform lainnya. Dan mbah Google juga punya aturan-aturan untuk tiap platform tersebut.

4. Tutorial yang tidak detail.
Ada kalanya belajar dari webmaster yang handal malah bikin kita salah kaprah. Bukan maksud proHTML menyindir, namun terkadang webmaster yang handal masalah SEO tidak menjelaskan tentang cara membuat link yang benar karena mereka tidak tahu seberapa jauh pengetahuan kita tentang html. Dan berpikir kita pasti paham. Semoga tutorial dari proHTML ini bisa melengkapinya.



Nah.. sekarang kita mulai membuat link-link yang baik menurut para SEO Master dan menurut mbah Google.

Standart html code for link:

<a href="http://www.example.com">Title</a>


Penjelasan:
<a href=    adalah perintah pembukaan
</a>          syntax sarung (alias perintah penutup)
http://        adalah protokol yang wajib ada agar text dapat melompat kehalaman lain.

Title          adalah contoh anchor text alias "teks jangkar" teks yang terlihat pada link.

Ganti www.example.com dengan url blog/situs anda, serta Title dengan teks sesuai kebutuhan anda.



TIPS OPTIMASI INBOUND LINK dari proHTML

Penjelasan diatas adalah perintah yang benar untuk pembuatan link. Sekarang kita optimasikan untuk inbound link. Biar anjing pelacak mbah Google mengendus blog/situs kita.


1. Jangan pakai atribut target="_blank".
Bagi yang belum paham, ini digunakan agar link kita otomatis membuka tab baru pada browser.
<a href="http://www.example.com" target="_blank">Title</a>
Ini menyebabkan Google search engine kehilangan jejak.
Bahasa mudahnya:
Anjing mbah Google mengendus halaman blog orang lain.. Link anda dalam blog orang lain kita ibaratkan tulang. Ketika si-anjing menemukan tulang, dia akan mencari tahu darimana asalnya. Ketika link anda menggunakan atribut "target=_blank". Maka browser (mozilla, opera, dll) merampas tulang itu.

2. Pilih blog yang punya Top keyword sama.
Top keyword disini bukan judul artikel yang anda komentari atau topik yang sedang dibahas blog orang lain. Namun kata-kata yang punya pengaruh besar terhadap sebuah blog.
Disini kesalahan banyak terjadi, banyak blogger melakukan SEO dengan menyamakan keyword dengan topik.
Contohnya, saya punya blog tentang musik (blog A), kemudian saya berkomentar di blog B karena di blog B topiknya juga musik.
Keyword tidak bisa dilihat dan dibaca secara langsung, namun banyak situs diluar sana bisa membaca top keyword blog anda. contohnya: alexa.com, www.google.com/webmasters, dll. Dengan bantuan situs-situs semacam itu kita bisa lihat ternyata antara blog A dan blog B yang sama-sama membahas musik belum tentu punya susunan top keywords yang sama.

3. Usahakan anchor text (teks untuk link) punya kesamaan dengan judul.
Contoh anchor teks komentar yang baik untuk artikel ini adalah:
<a href="http://---------------------">Fakta tentang inbound link</a>
<a href="http://---------------------">inbound link untuk SEO</a>

Contoh anchor teks komentar yang tidak baik untuk artikel ini:
<a href="http://---------------------">Free music, game, software</a>

4. Hubungan antara blog orang lain, Anchor text dan blog anda.
Masih berhubungan dengan point nomer 3. Setelah anda yakin anchor text (teks jangkar) yang anda taruh punya kesamaan dengan judul di blog/situs orang lain, pastikan juga anchor text punya kesamaan dengan judul posting pada blog anda.
Contohnya:
<a href="http://blog-SAYA.blogspot.com/p/Fakta-inbound-link.html">Fakta tentang inbound link</a>
Dari contoh diatas perhatikan:
a. Judul artikel ini
b. Teks Jangkar
c. Contoh halaman tujuan (Fakta-inbound-link.html)

Jadi nantinya, ada keterkaitan meta-data antara halaman ini dengan blog anda. Dan yang mengaitkan adalah teks jangkar.
Perlu diketahui juga, inbound link tidak harus menuju ke home page (halaman utama) dari blog anda.

5. Tentang dofollow dan nofollow
Sekilas saja saya bahas, bahwa dofollow dan nofollow menentukan inbound link dimata Google. Saya tidak jelaskan disini, karena artikel ini fokus membahas link dan inbound link. Namun link yang ditempatkan pada situs/blog yang menerapkan dofollow akan menjadi inbound link yang baik.

6. Platform penempatan link.
Agar menjadi inbound link yang baik, link untuk blog kita lebih baik ditempatkan pada platform yang sama. Platform untuk blogspot.com adalah html (hypertext markup language). Sementara platform yang lain adalah phbb yang biasa digunakan untuk forum.

7. Link pada signature forum tidak baik.
Masih berhubungan dengan no.6. Saat kita menjadi anggota sebuah forum dan membuat signature yang berisi link menuju blog kita, maka link tersebut menjadi banyak seiring jumlah postingan kita pada forum itu.
Namun saat kita mempunyai postingan berjumlah 800, maka link menuju blog kita sudah tentu 800 juga. Tapi apa inbound link kita juga 800? jawabnya tidak.
Dari statistik blog saya yang lain, dari sekitar 2.500 link signature sebuah forum, hanya kurang dari 5 saja yang menjadi inbound link. Secara matematis, jelas ini tidak efektif.

Demikian, tutorial membuat link dan inbound link yang baik dari proHTML.

©copyright: proHTML

Post a Comment

Backlink Lists | Free Backlinks Ping your blog, website, or RSS feed for Free

Copyright proHTML 2011

Back to TOP