February 15, 2011


TIPS MERAWAT NETBOOK

Netbook.. kecil, ringan, dan mobile. inilah alasan mengapa netbook lebih digemari daripada notebook alias laptop. Dan jangan lupa harganya yang juga lebih murah daripada notebook. Nah.. berikut tips merawat dan manggunakan netbook yang benar supaya gadget yang sering dibawa kesana-kesini ini lebih awet.

- SAAT CHARGING
Mungkin ini masih menjadi kebiasaan yang umum bagi pengguna laptop maupun netbook, menancapkan charge padahal baterai sudah penuh. Sebenarnya proses pengisian baterai berhenti saat baterai penuh walaupun kita masih terus menancapkan charge netbook, jadi jangan khawatir baterai meter anda menjadi 200%. Namun efek jangka panjang yang ditimbulkan adalah kerusakan sel baterai netbook karena tidak adanya proses pengosongan tegangan pada sel baterai (draining). Sebaiknya anda melepas charge saat indikator baterai pada netbook telah terisi penuh, biasanya ditunjukkan dengan perubahan warna LED dari kuning menjadi hijau atau merah menjadi biru.
Bagi anda yang menggunakan charge yang bukan standart, semisal universal charge atau charge netbook yang menggunakan tenaga matahari (solar charge), selain voltase-nya harus sama perhatikan juga nilai kuat arus-nya (ampere). semisal dibagian bawah netbook anda tertulis input: 12v 2.5-3A. artinya: tegangan charge 12volt dan kuat arus yang diperbolehkan antara 2,5 hingga 3 Ampere. Dan perlu diketahui biasanya charge netbook memiliki voltase lebih kecil daripada charge laptop.

-TAS DAN SOFTCASE NETBOOK
Netbook adalah gadget yang didesain untuk mobilitas, artinya perangkat yang dibawa kesana kemari. pergi kesekolah, kampus, kafe, kantor, berkemah, dll. Dan ada baiknya kita menyediakan tas netbook agar gadget ini tidak tergores oleh benda lainnya. Softcase yang biasanya ditambahkan sebagai bonus pembelian netbook memang cukup untuk melindungi netbook anda. Namun bagi anda yang melakukan kegiatan outdoor seperti berkemah, ada baiknya mempunyai tas netbook yang bersifat kedap air. Anda juga harus waspada terhadap area outdoor yang bersuhu dingin dan berembun. uap air yang terkandung dalam cuaca dingin dapat menyebabkan kerusakan pada hardware netbook. jadi pastikan anda memiliki perlengkapan tersebut saat membawa "si-mungil" ketempat bersuhu ekstrim.

-JANGAN TERLALU LAMA DISIMPAN
Agar tidak timbul uap air pada mainboard netbook ada baiknya anda menyalakan netbook minimal 2 hari sekali. Lebih baik lagi anda menyalakannya tiap pagi hari. Ini bertujuan untuk mendapatkan suhu panas. suhu yang ideal berperan mencegah terjadinya pengembunan.
Dan jika anda terpaksa menyimpannya untuk waktu yang lama, pastikan anda melepas baterai netbook. Simpan netbook ditempat yang aman dan memiliki suhu yang ideal.

-HINDARI MEDAN MAGNET DAN GROUND
Netbook termasuk perangkat elektronik bertegangan lemah. Sama seperti handphone, laptop, mp4 dll. netbook diharamkan ditempatan pada area yang memiliki medan magnet/magnit. Selain dari magnet, medan magnit biasanya dihasilkan dari perangkat elektronik yang menggunakan prinsip induksi. Induksi terjadi pada segala jenis trafo dan dinamo. Contoh perangkat elektronik yang memiliki medan magnit adalah: TV, kipas angin, Speaker aktif, amplifier, blender, hair drayer, dll.
Selain medan magnit, jangan dekatkan netbook ke ground. area yang bersifat grounding juga berpotensi mengganggu atau bahkan merusak hardware netbook anda. Contohnya: tanah/lantai, cashing dvd/vcd player, casing amplifier.

-MEMBERSIHKAN NETBOOK
Untuk membersihkan casing netbook pastikan anda menggunakan kain pembersih yang lembut. untuk cairan pembersih gunakanlah pembersih berbahan dasar air (tapi bukan air). Dan saat menggunakan cairan pembersih semprot, hindari menyemprotkan cairan tersebut kedalam lubang sirkulasi udara dan juga port usb, jack audio, slot kartu dan semua ventilasi yang mengarah ke bagian mainboard, kecuali diperbolehkan menurut buku panduan.
Setelah selesai membersihkan netbook, direkomendasikan menyalakan netbook untuk beberapa saat.

-HINDARI APLIKASI YANG "BERAT"
Netbook dan laptop memang sama-sama komputer portable, namun banyak laptop memiliki performa tinggi. Beberapa laptop bahkan didesain khusus untuk gamers. Hal ini berbeda jauh dengan apa yang ada pada netbook, layar kecil dengan resolusi yang kecil dikawal vga berspesifikasi rendah. Prosessor hemat energi memungkinkan baterai lebih hemat namun dengan konsekuensi performa yang pas-pasan. Hingga artikel ini dibuat belum ada netbook yang didesain untuk gamers, bahkan untuk aplikasi grafis seperti photoshop, banyak netbook yang memerlukan load lama. belum lagi video HD dan game tiga dimensi.
Dari fakta diatas, bagi kita yang memilih netbook yang unggul di mobilitas dan harga, harus lega dengan performa yang diberikan "si-kecil".
Sebaiknya hindari penggunaan aplikasi ber-resource banyak atau game tiga dimensi. Mungkin netbook anda masih sanggup menjalankan game tiga dimensi, tapi perhatikan bunyi kipas pendingin yang semakin keras! atau suhu yang naik dengan cepat. Ini pertanda netbook anda bekerja melebihi kemampuan standart-nya. Hal ini jelas mempengaruhi usia komponen hardware.


Demikian sekilas tips merawat dan menggunakan netbook, semoga bermanfaat bagi anda para pengguna netbook.
Dan jika anda merasa artikel ini bermanfaat, mohon membantu saya dengan meng-klik iklan/adsense di blog ini.

0 comment:

Post a Comment

 
Copyright © proHTML All Right Reserved
Blogger Designed by IVYthemes